Senin, 16 Desember 2013

Hasil Pengundian Babak 16 Besar Champions League 2013/14

Pengundian babak 16 besar Champions League musim 2013/14 sudah dilakukan di kota Nyon, Swiss, pada tanggal 16 Desember 2013. Hasil pengundian tersebut adalah sebagai berikut:



Manchester City vs Barcelona 
Selasa, 18 Februari & Rabu, 12 Maret 2013
Pertemuan yang mengejutkan, karena kedua kubu sedang menampilkan performa yang menjanjikan di masing-masing liga. City begitu tampil perkasa di kandang musim ini: menghajar tetangganya United 4-1, Tottenham 6-0, dan terakhir kandidat juara terkuat, Arsenal, dengan skor 6-3. Pun di Babak Grup mereka berhasil tampil gemilang dengan lolos dengan poin yang sama dengan sang juara bertahan Bayern Muenchen, 15 poin. Bahkan mereka berhasil mengalahkan FC Holywood tersebut di kandang lawan dengan skor 3-2. Meskipun tidak segarang musim sebelumnya, Barcelona masih memuncaki klasemen La Liga dan, seperti yang diduga sebelumnya, Grup H. Menarik untuk menyaksikan apakah permainan tiki-taka mereka masih ampuh untuk meredam semangat The Citizens atau tidak.  

Olympiakos vs Manchester United
Selasa, 25 Februari & Rabu, 19 Maret 2013
Pertarungan antara dua tim yang bertolak belakang performanya di masing-masing liga. Olympiakos begitu digdaya di Super League Yunani, memimpin 8 poin di atas pesaing terdekatnya, PAOK. Meskipun lawannya adalah tim yang begitu tampil semenjana di liga nasional dan bertengger di posisi 9, Manchester United justru lebih unggul dalam hal posisi ketika lolos dari Babak Grup. Manchester United tidak terkalahkan di Grup A dan lolos dengan poin 14, sementara Olympiakos harus bersyukur karena lolos akibat unggul selisih gol (2 gol) dari pesaing di peringkat ketiga Grup C, Benfica. 

AC Milan vs Atletico Madrid
Rabu, 19 Februari & Selasa, 11 Maret 2013
Mirip dengan pertandingan di atas, ini adalah pertemuan antara dua tim yang berbeda kondisi di liganya masing-masing. AC Milan begitu tampil angin-anginan di Serie A, bahkan lebih parah dan berada di posisi ke-12, tertinggal 25 poin dari pemuncak klasemen Juventus. Namun mereka boleh berbangga karena justru sang pemuncak klasemenlah yang tidak lolos ke Babak 16 Besar ini dan mereka adalah satu-satunya wakil Italia di babak ini, dan lolos dari Babak Grup di bawah Barcelona dengan poin 9. Lawan mereka adalah Atletico Madrid, yang tampil begitu memukau di La Liga dan berhasil memperoleh nilai yang sama dengan Barcelona di liga. Pun begitu juga penampilan mereka di Babak Grup Liga Champions. Hanya meraih sekali hasil seri ketika melawan Zenit, sisanya dibawa dengan kemenangan, dan posisi pertama Grup G pun berhak mereka peroleh dengan poin 16. 

Bayer Leverkusen vs Paris St. Germain
Selasa, 18 Februari & Rabu, 12 Maret 2013
Pertandingan yang menarik untuk disaksikan, mengingat Bayer Leverkusen, yang sedang kembali mencoba menapaki rekam sukses mereka di musim 2001/02 (di mana saat itu Leverkusen yang masih diperkuat Ballack cs. berhasil menapaki Final Liga Champions melawan Real Madrid), berhasil lolos dari Grup A dengan poin 10. Pun di liga saat ini mereka berhasil menduduki peringkat kedua, di atas Borussi Dortmund yang pada musim lalu menjadi finalis Liga Champions. Dan lawan mereka di babak selanjutnya tidaklah mudah, yakni tim yang sedang merajai French Ligue dan lolos dengan meyakinkan sebagai juara Grup C, Paris St. Germain dengan poin 13. 

Galatasaray vs Chelsea
Rabu, 26 Februari & Selasa, 18 Maret 2013
Jujur, pertandingan ini menjadi menarik hanya karena Jose Mourinho. Di era kepelatihan Mourinho-lah Drogba, pemain kunci Galatasaray, memulai sinar karirnya sebagai pemain di Chelsea. Dan juga pada masa kepemimpinan Mourinho di Inter-lah masa-masa paling indah Wesley Sneijder, pemain kunci Galatasaray yang lain, sebagai pemain. It all will only be a reunion. Sebagai pengingat, Galatasaray lolos sebagai peringkat kedua di Grup B, unggul satu poin di atas Juventus. Sementara itu, Chelsea berhasil lolos dari Grup E dengan poin 12. Dan sebagai pembanding juga, Galataray berkuasa di Turkish Super Lig dengan poin 71, unggul 10 poin dari pesaing terdekatnya, Fenerbahce. Sementara itu Chelsea di peringkat ketiga menempel Arsenal dengan poin 33, hanya kalah selisih gol dengan Liverpool. 

Schalke 04 vs Real Madrid
Rabu, 26 Februari & Selasa, 18 Maret 2013
Tidak begitu berharap banyak pada pertandingan ini, karena kita sudah 95% mengetahui siapa yang akan lolos dari pertandingan ini. Berlebihan memang, namun rataan kualitas pemain di antara kedua tim begitu jauh. Apalagi didorong semangat Real Madrid untuk meraih La Decima (gelar kesepuluh) mereka, anak-anak Schalke 04 boleh hanya bermodalkan semangat dan keberuntungan untuk melawan mereka. Schalke 04 berhasil lolos ke Babak 16 Besar pada peringkat kedua Grup E dengan poin 10, sementara Real Madrid berhasil keluar sebagai juara Grup B dengan poin 16. 

Zenit vs Borussia Dortmund
Selasa, 25 Februari & Rabu, 19 Maret 2013
Banyak yang berpendapat ada yang salah dengan Borussi Dortmund. Entah itu kejenuhan bermain, penurunan kualitas pemain, ataupun gaya bermain yang mulai terbaca, apapun itu Borussia Dortmund terasa tidak semenggigit musim lalu. Meskipun berhasil menjuarai Grup Neraka, Grup F, dengan poin 12, jumlah poin yang sama yang diraih peringkat kedua dan ketiga menggambarkan bahwa Dortmund tidak berhasil, setidaknya, mengungguli pesaing-pesaingnya di Babak Grup. Mereka harus berusaha lebih keras lagi untuk menghadapi sang juara dua Grup G, Zenit. Lolos dari Grup G dengan poin 6, Zenit harus berjuang keras melawan perlawanan sengit dari FC Porto dan Austria Wien, sama seperti ketika mereka harus berjuang keras melawan peringkat dua di liga, Lokomotiv Moskva. 

Arsenal vs Bayern Munich
Rabu, 19 Februari & Selasa, 11 Maret 2013
Salah satu pertandingan paling menarik pada babak ini. Kedua tim sama-sama sedang on fire, memiliki skuad yang mumpuni, pelatih brilian, dan berfilosofi sepakbola menghibur. Arsenal lolos sebagai juara dua Grup F dengan 12 poin, sementara Bayern Munich lolos sebagai juara grup dengan poin 15. Saya tidak akan banyak berbicara mengenai pertandingan ini, yang ingin saya lakukan hanyalah menontonnya. 

**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar